Mesin-Mesin Kantor Sebagai Alat Komunikasi
A. Jenis-jenisnya
1. Intercom/aiphone
Merupakan alat komunikasi yang dipergunakan untuk menyampaikan
informasi dalam lingkungan organisasi sendiri, dari suatu bagian ke bagian lain
maupun dari satu ruangan ke ruangan lain.
Fungsi intercom dalam lingkungan kantor :
a. Sebagai alat komunikasi
b. Memperluas saluran komunikasi
c. Menghindari mondar-mandirnya para pegawai
d. Menghemat waktu dan tenaga sehingga meningkatkan produktivitas kerja
Fungsi intercom
dalam lingkungan masyarakat :
a. Sebagai media informasi
b. Sebagai media pengetahuan
c. Sebagai media hiburan
2. Telepon
Merupakan media penyampaian informasi dari satu pihak ke pihak lain
dari jarak jauh baik dalam lingkungan dalam maupun luar kantor. Pesawat telepon
adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan sekaligus berfungsi untuk
mendengarkan suara atau pembicara. Macam-macam jenis pesawat telepon yaitu :
a. Pesawat tunggal; biasnya digunakan dirumah-rumah
b. PMBX (Private Manual Brand Exchange); pesawat telepon yang
pengoperasiannya melalui operator (tidak langsung)
c. PABX (Private Automatic Brand Exchange); pesawat telepon yang
pengoperasiannya tidak melalu operator (langsung)
3. Handphone
Merupakan media komunikasi yang bisa dibawa kemana-mana, tidak
menggunakan kabel dan dinilai lebih cepat dan praktis.
4. Switchboard
Merupakan suatu alat komunikasi yang terdiri dari papan panel lebar
yang didalamnya terdapat sakelar dan instrument lainnya yang berfungsi untuk
menyampaikan isyarat dari tempat satu ke tempat lainnya.
Macam-macam switchboard :
a.
Switchboard dengan
system telepon kunci
b.
Switchboard dengan
system perburuan
5. Answering Machine
Merupakan alat yang dapat merekam atau menjawab setiap pesan yang
masuk. Fungsinya untuk mengatakan kesibukan seorang pimpinan sehingga pekerjaan
tetap dilakukan secara efektif dan efisien.
6. Telex
Merupakan alat pengirim dan penyampaian berita dari jarak jauh, baik
dari satu tempat ke tempat lain maupun luar negeri.
Bagian-bagian telex :
a. Rol kertas; untuk mengetik naskah yang akan dikirim
b. Papan tus; tempat tuts-tuts mesin disusun
c. Rol pita kertas; merekam hasil ketikan dari berita yang telah
ditentukan
7. Facsimile
Merupakan alat untuk mengirim dan menerima data atau dokumen yang
sesuai dengan aslinya, baik berupa tulisan maupun gambar.
Fungsi facsimile :
a.
Untuk mengirim
informasi
b.
Untuk menerima
informasi
c.
Apabila facsimile
dilengkapi dengan system memori, maka facsimile dapat digunakan untuk :
1.
Menyimpan dokumen
sampai dengan beberapa lembar
2.
Mencetak sampai
beberapa lembar copy
3. Menyimpan berbagai alamat
Selain jenis-jenis
yang telah disebutkan diatas masih banyak lagi jenis-jenis alat komunikasi lain
seperti koran, majalah,OHP, mikrofon, dan lain sebagainya.
B. Perkembangan alat komunikasi
Sejak dulu manusia telah menciptakan berbagai alat dalam berkomunikasi
khususnya dalam medianya dalam jarak jauh untuk mendapatkan informasi tanpa
perlu untuk mendatanginya secara langsung. Oleh karenanya sebagai kodrat
manusia yang menjadi manusia social, memiliki kemampuan untuk saling memahami
melalui komunikasi yang selama ini mereka lakukan dan akan terus dilakukan
sampai hingga kita telah tiada. Dan sejarah perkembangan komunikasi terus
mengalami perubahan setiap masanya hingga sekarang.
1. Merpati pos
Komunikasi yang menggunakan merpati sebagai pengantar surat atau pesan
karena burung ini pintar, memiliki daya ingat kuat, kemampuan navigasi dan
naluri alamiah untuk kembali ke sarang, metode ini berasal dari orang-orang
Persia yang melatih burung merpati. Pertama kali digunakan oleh sultan Bagdad,
Nuruddin (1416) untuk mengirim pesan sekitar kerajaan. Orang Romawi menggunakan
untuk mengirim pesan pada pasukan militernya. Orang Yunani digunakan untuk
memberitahu pemenang olimpiade. Pasukan Amerika juga menggunakannya untuk
komunikasi saat masa perang dunia pertama (1914-1918).
2. Telegraf
Alat ini ditemukan oleh seorang warga Amerika, Samuel F.B. Morse
bersama asistennya Alexander Bain tahun 1837. Telegraf ini alat untuk mengirim
dan menerima pesan dari jarak jauh yang sangat efektif dan dulu menjadi
primadona meski yang bisa mengirim dan membaca hanya yang mengerti kode Morse.
Di Indonesia pemanfaatan telegraf ini sejak saluran telegraf pertama dibuka
tanggal 23 Oktober 1855 oleh pemerintah Hindia Belanda.
Telepon ditemukan oleh Alexander Graham Bell sekitar tahun 1876. Di
Indonesia telpon local pertama digunakan tanggal 16 Oktober 1992 oleh pihak
swasta. Jaringan pertamanya menghubungkan Gambir dan Tanjung Priok (Batavia)
selanjutnya dibuat dikota-kota besar lainnya. Tahun 1967 PT Indosat (Indonesia
Satelite Corporation) mulai membangun jaringan gelombang mikro dan dimulai
dengan jaringan Trans Sumatra dan Indonesia Timur selanjutnya ditahun yang
sama, satelit Palapa A-1 diluncurkan yang memungkinkan jaringan telepon
Indonesia meluas hingga luar Negara.
4. Telegram
Telegram berisi kombinasi kode yang ditransimisikan oleh telegraf yang
tariff pengirimannya lebih murah dari telepon, meski tarifnya dihitung
berdasarkan jumlah karakter termasuk tanda baca dan waktu yang dibutuhkan pun
singkat, kurang dari satu hari tidak seperti surat.
5. Pager
Pager atau radio panggil adalah alat telekomunikasi untuk menyampaikan
dan menerima pesan pendek. Alat ini masih seirng dipakai untuk orang-orang yang
bergerak dibidang jasa informasi dari kesehatan. Sebelum adanya telepon selular,
pager digunakan sebagai pengganti untuk layana telepon local dan internasional.
Pager muncul di Indonesia sebelum tahun 1997.
6. Surat elektronik (E-mail)
Sarana pengirim surat melalui jaraingan computer seperti internet.
Email mulai dipakai tahun 1960an dan saat itu internet belum tebentuk tetapi
surat terkirim melalui jaringan yang berbentuk dari kumpulan mainframe dan
mulai tahun 1980-an mulai bisa dipakai oleh umum.
7. Internet
Internet ini diawali tahun 1969 sebagai ARPANET, rangkaian yang dibangun
oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects
Agency). Mulai 1995 muncul jasa akses Telnet ke luar negeri hingga pemakai
internet di Indonesia bisa mengakses internet (HTTP).
8. Telepon genggam
Penemuan telepon genggam sebenarnya terjadi tahun 1973 oleh Martin
Cooper dari Motorla Corporatin yang kemudian dikenal dengan telepon genggam
generasi pertama atau 1G dan dari model inilah muncul telepon genggam
berikutnya seperti generasi kedua muncul tahun 1990-an dengan teknologi GSM dan
CDMA yang dikenal dengan 2G. kini telepon genggam sudah mencapai generasi
ketiga (3G) dan keempat (4G), pada teknlogi ini telepon genggam memeberikan
jangkauan yang lebih luas lagi termasuk internet.
9. Pesan instan (Instant Messaging)
Sebuah teknologi internet dimana para pengguna jaringan internet mampu
mengirimkan pesan-pesan singkat pada saar yang bersamaan (real time). Istilah
pesan instan ini mengacu pada teknologi yang dipopulerkan oleh America Online
(AOL) yang kemudian diikuti Yahoo! (Yahoo Messenger), Google dan Microsoft
(Windows Live Messenger)
10. Mobile Chat Messenger
Hampir sama dengan pesan instan namun implementasinya pada handphone
atau smartpgone yang berteknologi tinggi. Fitur ini bisa menggantikan
penggunaan SMS. Contoh aplikasinya adalah Blackberry Messenger, Whatsapp,
Ebuddy, Mig33, Nimbuzz, dan masih banyak lagi.
C. Kelebihan dan kekurangan
Ø Kelebihan media elektronik :
Media elektronik lebih cepat dalam menyebarkan berita
Media elektronik memiliki audio visual yang mempermudah audiensnya untuk
lebih paham
Media elektronik menjangkau masyrakat secara luas
Dapat menyampaikan berita secara langsung dari tempat kejadian
Dapat menampilkan proses terjadinya suatu peristiwa
Dapat dinikmati olah semua orang
Ø Kekurangan media elektronik
Dalam penyediaan berita pada media elektronik tidak dapat mengulang
apa yang telah ditayangkan
Ø Kelebihan media cetak
Dapat dibaca berkali-kali dengan cara menyimpannya
Dapat membuat orang yang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan
Bisa disimpan atau dikumpulkan isi informasinya
Harganya dan distribusinya lebih terjangkau
Lebih mampu menjelaskan hal-hal yang bersifat kompleks
Ø Kekurangan media cetak
Media cetak lambat dalam memberikan informasi
Media cetek hanya berupa tulisan
Media cetak hanya memberikan visual berupa gambar yang mewakili
keseluruhan isi berita
Biaya produksi yang cukup mahal
D. Masalah-masalah atau hambatan yang sering terjadi saat aktivitas perkantoran
Hambatan Teknis
hambatan ini muncul karena lingkungan yang memberikan dampak pencegahan terhadap kelancaran pengiriman dan penerimaan pesan. Dari sisi teknologi, keterbatasan fasilitas dan peralatan komunikasi, akan semakin berkurang dengan adanya temuan baru di bidang teknologi komunikasi dan sistim informasi, sehingga saluran komunikasi dalam media komunikasi dapat diandalkan serta lebih efisien.
Hambatan Semantik
Definisi semantik adalah studi atas pengertian, yang diungkapkan lewat bahasa. Suatu pesan yang kurang jelas, akan tetap menjadi tidak jelas bagaimanapun baiknya transmisi.
Untuk menghindari miss-komunikasi semacam ini, seorang komunikator harus memilih kata-kata yang tepat dan sesuai dengan karakteristik komunikannya, serta melihat dan mempertimbangkan kemungkinan penafsiran yang berbeda terhadap kata-kata yang digunakannya.
Hambatan Manusiawi
Hambatan jenis ini muncul dari masalah-masalah pribadi yang dihadapi oleh orang-orang yang terlibat dalam komunikasi, baik komunikator maupun komunikan.
hambatan ini muncul karena lingkungan yang memberikan dampak pencegahan terhadap kelancaran pengiriman dan penerimaan pesan. Dari sisi teknologi, keterbatasan fasilitas dan peralatan komunikasi, akan semakin berkurang dengan adanya temuan baru di bidang teknologi komunikasi dan sistim informasi, sehingga saluran komunikasi dalam media komunikasi dapat diandalkan serta lebih efisien.
Hambatan Semantik
Definisi semantik adalah studi atas pengertian, yang diungkapkan lewat bahasa. Suatu pesan yang kurang jelas, akan tetap menjadi tidak jelas bagaimanapun baiknya transmisi.
Untuk menghindari miss-komunikasi semacam ini, seorang komunikator harus memilih kata-kata yang tepat dan sesuai dengan karakteristik komunikannya, serta melihat dan mempertimbangkan kemungkinan penafsiran yang berbeda terhadap kata-kata yang digunakannya.
Hambatan Manusiawi
Hambatan jenis ini muncul dari masalah-masalah pribadi yang dihadapi oleh orang-orang yang terlibat dalam komunikasi, baik komunikator maupun komunikan.
Referensi
- Marsiya, Nita. 2010. Materi Menggunakan Peralatan Kantor. [Online] (http://nitamarsiyablog.blogspot.com/p/materi-menggunakan-peralatan-kantor.html) diakses tanggal 26 Maret 2015
- Fauziah, Syifa. 2014. Peralatan/Mesin Komunikasi Kantor. [Online] (http://ziahhh.blogspot.com/2014/01/peralatanmesin-komunikasi-kantor.html) diakses tanggal 26 Maret 2015
- Reza, Krisna. 2012. Sejarah Perkembangan Alat Komunikasi. [Online] (http://chrezsoft.blogspot.com/2012/12/sejarah-perkembangan-alat-komunikasi.html) diakses tanggal 27 Maret 2015
- ____. 2011. Kelebihan dan Kekurangan Media. [Online] (http://azriepo.blogspot.com/#) diakses tanggal 27 Maret 2015
- Alvin. 2007. Tantangan Kompetensi Komunikasi Bisnis. [Online] (http://komunikasibisnis.blogspot.com/2007/08/tantangan-kompetensi-komunikasi-bisnis.html) diakses pada 28 Maret 2015








.jpg)








Tidak ada komentar:
Posting Komentar